Keuangan

Apa Itu Rehabilitasi? Berikut Pengertian, Jenis, Tujuan Lengkap Dengan Tahapannya

Selain tahapan rehabilitasi tersebut, juga terdapat sejumlah cara terapi dan rehabilitasi untuk pengobatan narkoba. Pada tahap kedua ini, dilakukan di tempat rehabilitasi narkoba yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat berada di tempat rehabilitasi ini, pecandu akan coba dipulihkan agar bisa kembali normal dan terbebas dari narkoba yang berbahaya. Ahli fisioterapi membantu pasien yang mengalami gejala fisik dan cacat gerakan akibat cedera atau penyakit, untuk memperoleh kembali kesehatan mereka. Anda juga bisa ke psikiater untuk menjalani konsultasi dan pemeriksaan, baik pemeriksaan psikologis maupun fisik.

Prinsip komplementer sebagaimana dimaksud pada ayat huruf j untuk memastikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ATENSI harus menyatu dan bersinergi untuk saling melengkapi dalam pemenuhan kebutuhan PPKS. Prinsip integratif sebagaimana dimaksud pada ayat huruf i untuk memastikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ATENSI harus mempertimbangkan seluruh aspek PPKS secara satu kesatuan dan bukan terpisahpisah. Prinsip holistik sebagaimana dimaksud pada ayat huruf a untuk memastikan pelaksanaan ATENSI harus memandang individu PPKS sebagai bagian dari kesatuan sistem biologis, psikologis, sosiologis, dan spiritual.

Modus seperti itu bermula ketika pecandu divonis hakim untuk rehabilitasi namun tempat rehabilitasinya di balai rehab swasta. “Tidak sedikit putusan divonis namun tempat layanan rehabilitasinya bukan di tempat pemerintah. Maka terjadilah kondisi yang istilah kita ‘wani piro’,” kata Yunis.

Dalam pengembangan tersebut, sebaiknya pemerintah daerah melibatkan instansi pelayanan kesehatan, baik rumah sakit maupun puskesmas untuk mengembangkan pusat-pusat rehabilitasi baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga pecandu/pengguna narkoba dapat direhabilitasi di daerahnya masing-masing. Hal ini penting mengingat negara Indonesia berbentuk kepulauan yang luas dan pecandu/pengguna narkoba juga tersebar di berbagai wilayah, maka aksesibilitas pelayanan akan sangat mempengaruhi proses rehabilitasi pecandu/pengguna narkoba. Rehabilitasi medis terhadap pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan narkotika yang sedang dalam proses peradilan diselenggarakan sesuai standar dan pedoman yang ditetapkan oleh Menteri. Permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini adalah terbatasnya instansi/lembaga atau pelayanan kesehatan yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses rehabilitasi medis pengguna narkoba secara tuntas. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia maupun pembiayaan dalam pengembangan pusat-pusat rehabilitasi medis pengguna narkoba di daerah-daerah.

Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pecandu dari belenggu narkoba dan bahaya yang menyertainya. Ada tiga tahap rehabilitasi narkoba di Indonesia, yaitu rehabilitasi medis, nonmedis, dan bina lanjut. Tata cara pendaftaran PPKS dalam data terpadu kesejahteraan sosial dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button